Pengeluaran yang cukup banyak untuk merenovasi rumah tinggal dan biasanya anggaran yang digunakan untuk pembuatan lantaipun cukup besar seperti biaya pemasangan, bahan material yang diperlukan dan biaya yang dikeluarkan untuk membeli keramik ataupun granit.

Penghematan biaya dapat dilakukan dengan menggunakan epoxy lantai yaitu slaah satu cara pembuatan lantai yang tidak perlu merusak struktur lantai dasar. Bahkan epoxy lantai sering digunakan sebagai alternatif untuk menambal kerusakan pada lantai rumah. Cat epoxy dapat langsung diaplikasikan sebagai lapisan teratas lantai rumah dan dapat manjasikan lantai rumah lebih kuat terhadap benturan maupun goresan.

Epoxy merupakan mateerial yang berfungsi melapisi lantai yang terdiri dari komponen pembentuk cat epoxy yang mudah mengeras serta menguat menjadikan lantai tahan tergadap benda tumpul dan beban yang sangat berat. Akan tetapi perbandingan harus tepat dan sesuai saat dllakukan pencampuran. Jika hal itu tidak dilakukan akan membuat lantai mudah rusak, tidak rata bahkan bergelombang.

Lapisan lantai yang menggunakan cat epoxy memiliki ketahanan hingga beberapa tahun lamanya, sistem lapisan ini dapat bertahan terhadap abrasi bahkan diarea yang sering digunakan untuk beraktifitas. Selain itu lantai epoxy tidak memiliki pori-pori, tidak mudah mengelupas, dan juga tidak licin.

 

Manfaat epoxy lantai menurut para ahli?

Menurut pendapat Grange Banks, commercial painter “Secara teori, lantai epoxy cocok digunakan untuk rumah tinggal. Tergantung pada gaya yang anda cari untuk rumah anda. Biasanya cat epoxy digunakan untuk industrial dan komersial. Namun, jika memiliki apartemen atau ruang bergaya industrial modern, mungkin epoxy akan menjadi tampilan yang bagus bagi anda. Dalam hal keamanan tidak perlu diragukan lagi, namun anda membutuhkan tenaga profesional untuk mengaplikasikan cat epoxy pada rumah anda”.

Menurut pendapat Anne Whitacre, Architectural specifier for 40 years “epoxy (urethane, aspartic, atau lantai resin lainnya) adalah lantai yang memiliki kinerja lebih tinggi untuk lingkungan yang sulit. Epoxy biasanya dipasang pada lantai beton yang anda miliki. Anda harus memastikan memiliki penghalang uap yang baik dibawah lantai atau anda bisa mendapatkan “gelembung” yang akan merusak lantai anda”.

Menurut pendapat Frank Robertson, Contruction “Epoxy adalah produk industrial dengan sejarah panjang kinerja dan penampilan bangunan komersial, gudang, dan garasi. Ia dapat menghalangi sebagian besar bahan kimia sehingga tidak dapat menyebabkan lantai mudah pecah atau retak serta mudah untuk dibersihkan dengan air biasa. Dalam beberapa tahun terakhir, produk epoxy dekoratif telah menjadi populer digarasi rumah dan ruang rutinitas, untuk sebagian orang menjadi pilihan lantai untuk ruang tamu. Dengan instalasi profesional dan desain modern yang dimasukkan ke dalam produk ini menjadikan tahan lama dan indah dipengaturan apapun”.

Dari penuturan para ahli bahwa lantai epoxy sangat cocok digunakan sebagai lantai rumah tinggal karena mudah dalam perawatannya, dapat kolaborasikan dengan desain rumah modern, memiliki kinerja yang tinggi, tahan lama dan indah dalam pengaturannya. Namun proses pelapisan lantai dengan cat epoxy disarankan menggunakan tenaga profesional untuk hasil lantai yang maksimal, serta perlunya memastikan lantai yang akan dilapisi cat epoxy memiliki penghalang uap yang baik dibawahtahan agar tidak terjadi gelembung udara yang dapat merusak lantai epoxy anda.

Melakukan pelapisan lantai menggunakan cat epoxy bukanlah hal yang mudah namun memerlukan beberapa tahap yang cukup rumit dan memakan waktu sehingga perlunya menggunakan tenaga ahli dalam membuat epoxy lantai untuk menghindari terjadi kesalahan dalam tahap pelapisan. Ada beberapa tahap yang harus dilakukan secara berurutan, hal yang paling utama adalah pencampuran kedua bahan yakni epoxy resin dan hardener harus dilakukan secara tepat karena sangat menentukan kekuatan lantai.

Konsultasi Gratis Dengan Spesialis Jasa Epoxy Lantai Kami

Hubungi di Telp / Whatsapp

0819 0848 0388

 

Tahapan yang harus dilakukan selama proses pelapisan:

Lantai yang akan dilakukan pengecatan epoxy harus dipastikan tidak ada noda yang menempel sehingga proses pembersihan lantai dapat dilakukan berulang kali sampai seluruh noda menghilang, jika hal itu diabaikan maka lantai akan terlihat kotor dan bisa begelombang bahkan tidak rata.

Setelah tahap persiapan lantai, tahap yang kedua adalah pengaplikasian plamir, pada tahap ini akan mementukan rata tidaknya lantai epoxy. Setelah itu proses pengecatan dapat dimulai dengan memberikan cat epoxy primer dan didiamkan terlebih dahulu hingga mengering. Lama penngeringan epoxy primer bia tergantung dari cuaca, jika saat itu cuaca sangat panas maka epoxy primer dapat kering dengan cepat, ketebalan epoxy yang diaplilkasikan pada lanta pun sangat memperngaruhi lamanya pengeringan. Semakin tebal cat dipalikasikan maka semakin lama pula cat mengering.

Tahap yang terakhir adalah finishing. Proses ini bisa dikatakan sebagai proses mempercantik lantai, anda dapat mengaplikassikan warna yang anda inginkan pada tahap ini, serta anda dapat memilih lantai glossy atau lantai dof. Untuk pengaplikasian lantai epoxy pada rumah biasanya yang menjadi pilihan adalah lantai glossy.

Hal yang paling penting menggunakan epoxy lantai rumah tinggal adalah biaya yang dikeluarkan cukup rendah untuk biaya perawatan dan pembersihannya, dapat bertahan hingga bertahun lamanya, kuat, serta efektifitas yang tinggi. Lantai yang telah dilapisi oleh epoxy tidak akan mudah kropos karena proses panjang saat pengaplikasian berlangsung.

Kategori: Cat Epoxy

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *