Secara umum epoxy lantai dapat merekat kuat jika diplikasikan dengan benar. Karena epoxy lantai dapat merekat dengan baik pada lapisan substratnya dan memiliki lapisan yang keras. Hal itu terjadi karena komponen yang terkandung pada epoxy lantai ialah epoxy resin dan hardener sehingga dapat menghasilkan lapisan lanai yang tahan lama dan kokoh.

Namun penyebab kerusakan pada permukaan epoxy  lantai adalah masalah yang umum dan mungkin terjadi. Kondisi seperti ini sangat meresahkan dan mengganggu proses kerja sehingga berdampak pengeluaran biaya perbaikan.

Lantai dengan lapisan cat epoxy juga dapat mengalami kerusakan karena berbagai hal ntuk mengatasi kerusakan tersebut maka diperlukan melakukan perbaikan dengan teknik pengecatan yang tepat. Melakukan teknik perbaikan dan pengecatan yang tepat dapat cegah terjadinya kerusakan yang semakin parah. Kerusakan yang terjadi pada epoxy lantai karena beberapa faktor:

 

kerusakan pada epoxy lantai

Penyebab kerusakan epoxy lantai

  1. Usia epoxy lantai

Kerusakan epoxy lantai yang termakan usia bukanlah kesalahan proses pengecatan terahulu namun perlu melakukan  pengecatan ulang. Cat epoxy memiliki masa pakai tergantung dari jenis epoxy yang telah diaplikasikan pada lantai anda. Selama masa pemakaian epoxy lantai akan sering digunakan untuk mobilitas pekerja bahkan benda berat yang akan berdampak pada epoxy lantai sehingga dapat timbul goresan bahkan retakan pada permukaan epoxy.

Pencegahan lantai rusak dapat dilakukan dengan cara menhindarkan epoxy lantai dari pasir atau batu kecil karena partikel tersebut dapat menyebabkan lapisan epoxy lantai terkelupas dan rusak lebih cepat terutama saat terbawa roda fork lift.

  1. Area banjir ekstrim

Epoxy lantai yang sering terpapar oleh cairan sehingga menimbulkan permukaan lantai basah secara terus menerus akan mudah mengalami kerusakan. Terutama pada area yang rawan banjir atau terdapat genangan air sehingga lantai beton akan terus terendam air menyebabkan cat epoxy mudah rusak saat digunakan mobilitas benda bermuatan berat.

  1. Kesalahan proses pengecatan

Permasalahan yang sering muncul pada penggunaan cat epoxy ialah hasil lantai yang tidak sempurna, hal itu dapat terjadi karena kesalahan sistem selama proses pengerjaan secara keseluruhan. Umumnya terjadi kesalahan pada proses persiapan lantai, pencampuran cat yang kurang tepat, pengadukan tidak sempurna, penggunaan cat epoxy kualitas rendah dan lainnya.

Konsultasi Gratis Dengan Spesialis Jasa Epoxy Lantai Kami

Hubungi di Telp / Whatsapp

0819 0848 0388

  1. Adhesi

Lapisan epoxy mengalami adhesi atau daya rekat yang buruk sehingga dapat menyebabkan cat mudah terkelupas, salah satu faktor yang menyebabkan adhesi ialah pemilihan cat epoxy lantai dengan kualitas rendah. Adhesi dapat terjadi karena lapisan lantai yang terlalu sering terpapar oleh cairan kimia keras, terdapat gelembung udara dan masih banyak yang lainnya.

  1. Perlakuan yang salah pada lantai

Menyeret benda runcing atau agak tajam pada lapisan epoxy sehingga meninyebabkan lantai terkelupas. Lapisan lantai epoxy dapat terkelupas saat terpapar oleh bahan kimia yang sangat keras.

Kondisi seperti itulah yang dapat menyebabkan permukaan lantai epoxy terkelupas dan membutuhkan perbaikan bahkan pengecatan ulang pada permukaan yang ada. Dengan mengetahui penyebab kerusakan pada lapisan epoxy lantai, anda akan lebih mudah untuk melakukan perbaikan secara tepat. Beberapa faktor kerusakan diatas akan menyebabkan kerusakan lapisan epoxy lantai yang berbeda satu dengan yang lain.

Misal kerusakan yang diakibatkan oleh kesalahan prosedur pengecatan yang berakibat kerusakan fatal maka membutuhkan proses perbaikan yang maksimal. Lain halnya kerusakan yang diakibatkan oleh goresan benda tajam maupun benda berat, sebelum melakukan proses perbaikan perlu dilihat tingkat kerusakan lapisan epoxy lantai.

Jasa Epoxy Lantai - 1

Tips memperbaiki cat epoxy lantai yang rusak

Sebelum menentukan langkah dalam memperbaiki kerusakan epoxy lantai maka langkah awal yang haus dilakukan adalah melakukan pengecekan lantai. Pengecekan lantai bertujuan untuk mengetahui tingkat kerusakan lapisan epoxy lantai.

  1. Cek permukaan lantai lama

Jika lapisan cat epoxy lantai yang lama masih menempel dengan baik dipermukaan lantai maka cukup menghaluskan permukaan cat lama yang kasar menggunakan amplas. Namun jika sebagian besar cat terkelupas maka perlu mengganti lapisan cat epoxy lantai yang baru dengan mengelupas selurus lapisan cat lama.

  1. Membersihkan permukaan

Pengaplikasian epoxy lantai membutuhkan lantai dasar yang bersih, kering dan terbebas dari debu sehingga perlu membebaskan area lantai dari debu, minyak, lilin dan kotoran yang lainnya. Pengecatan ulang dengan epoxy lantai tidak akan menempel pada lantai dasar dalam keadaan kotor atau terdapat debu. Perlunya melakukan pengecekan ulang untuk memastikan lantai dasar telah terbebas dari kotoran dan siap untuk dilakukan pengecatan. Ciri lantai yang siap untuk dilakukan pengecatan adalah permukaan yang telah rata dan telah melalui taham floor hardener.

  1. Mengaplikasikan cat epoxy lantai

Pengaplikasian cat epoxy lantai merupakan langkah yang terkahir, agar mendapatkan hasil akhir yang maksimal dan sempurna maka pengaplikasian epoxy lantai harus dilakukan secara tepat dengan takaran yang tepat pula. Tahap aplikasi akan dilakukan dalam beberapa sesi. Lapisan yang pertama diaplikasikan cat epoxy primer, hal ini bertujuan untuk mendapatkan lantai yang lebih rata serta membuat cat epoxy melekat lebih sempurna.

Langkah selanjutnya aplikasi cat epoxy dengan ketebalan yang diinginkan, tunggu hingga lapisan cat mengering kemudian tahap terakhir mengaplikasikan material finishing, umumnya lapisan finishing berupa coating dengan kilau yang maksimal.

Demikianlah hal yang harus dilakukan saat lapisan epoxy lantai mengalami kerusakan. Dapat disimpulkan saat melakukan perbaikan, hal pertama yang harus dilakukan adalah melakukan pengecekan terhadap lantai agar dapat mengetahui tingkat keparahan yang dialami oleh lantai, setelah itu dapat melakukan penanganan secara tepat.

Kategori: Cat Epoxy

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *