apa itu epoxy - pengertian epoxy

Mengenal Apa Itu Epoxy Lantai dan Lama Pengerjaannya

Apa itu Epoxy dan bagaimana cara pengerjaanya? Berikut ini akan kami bahas secara mendatail ya. Epoxy lantai sebuah kemajuan yang sedang menjadi tren di masyarakat Indonesia saat ini. epoxy lantai merupakan sebuah pengecatan lantai dengan menggunakan lapisan cat menggunakan cat yang memiliki kandungan zat resin dan harder yang membuat lantaimenjadi lebih tahan bentur dan lebih mengkilap dibanding penggunaan kramik atau granit.

Selain itu Epoxy lantai memiliki kualitas dan kuantitas yang jauh dari cat-cat atau kramik biasa karena memiliki keunggulan lebih mengkilap, lebih tahan bentur, tahan terhadap goresan, dan memiliki banyak fariasi gambar sesuai yang anda inginkan sehingga membuatnya lebih bagus. Mungkin untuk Anda yang sudah mengenal apa itu epoxy lantai Anda pasti mengetahui bahwa cat epoxy lantai memiliki berbagai macam jenis yang menjadi komponen-komponen dalam proses jasa epoxy lantai.

Konsultasi Gratis Dengan Spesialis Epoxy Lantai Kami

Hubungi di Telp / Whatsapp

081617678373

Apa itu Epoxy Clear Gloos?

Salah satu jenis epoxy yang dapat digunakan untuk melapisi bagian-bagian lantai terutama gedung indoor adalah clear gloss. Clear gloss yaitu jenis epoxy lantai yang memiliki kilap, namun transparan. Jenis epoxy ini mampu menahan zat asam dan bahan kimia dengan konsentrat tinggi karena mengandung komponen. yang selanjutnya yaitu Epoxy Primer, Mortar, Coating dan Sel-Leveling. Keempat epoxy ini memiliki komponen yang sama yaitu mengandung zat resin dan harde. Namun, perbedaannya berapa pada fungsi nya masing-masing seperti kegunaan pada epoxy body coating.

Jenis epoxy ini berfungsi sebagai lapisan bodi coat yang digunakan untuk menambah ketebalan, dan bahan pendempul sebagai pendempul permukaan lantai beton. Dengan demikian, pelapisan epoxy menggunakan clear gloss akan memaksimalkan perlindungan terhadap resiko cracking.

Baca Juga: Tips Mempertimbangkan Harga Epoxy Lantai Berkualitas

Semua jenis epoxy diatas bisa disatukan karena semakinbanyak lapisan epoxy maka hasilnya akan semakin maksimal. Selain jumlah lapisan epoxy yang menentuan hasil epoxy  lantai. Seperti cat-cat bisa merek cat epoxy lantai juga mempengaruhi hasil karena setiap merek memiliki kualitasnya masaing-masin. Namun merek cat epoxy lantai yang paling sering dipakai saat ini berasal dari merek propan. Hal ini dikarenakan harganya yang ditawarkan lebih terjangkau namun memiliki kualitas unggul yang tidak kalah dengan merek-merek cat epoxy dari luar negeri.

Selain itu ada beberapa merek cat epoxy lainnya seperti sika, napon, jotun dan masih banyak lagi. Setiap merek menyajikan kulitas dan harga yang berbeda-beda. Biasanya semakin mahal harga cat epoxy lantai yang ditawarkan, maka semakin berkualitas dan unggul.

 

Tahapan Dalam Proses Epoxy Lantai

Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa epoxy lantai memiliki jenis-jenisnya dengan masing-masing fungsi atau kegunaannya. semua jenis-jenis yang telah disebutkan merupakan komponen-komponen dari pembuatan epoxy lantai namun jika Anda hanya ingin menggunakan 2 (dua) lapis atau hanya beberapa lapis saja tidak masalah.

Namun yang perlu Anda ketahui semakin tebal lapisan cat maka akan semakin kuat dan semakin maksimal mahilnya. Dalam proses pembuatannya, ada beberapa tahapan yang harus Anda ketahui sebelum menggunkan epoxy lantai. Berikut adalah ulasannya.

Tahap Pertama: Pengosongan Ruangan

Tahapan yang paling pertama yaitu mengosongkan ruangan yang akan dicat. Baru, selanjutnya ruangan dibersihkan dari kotoran ataupun debu yang menempel. Hal ini dilakukan karena lantai yang akan diaplikasikan cat epoxy harus benar-benar bersih darikotoran ataupun debu. Bahkan bila perlu pembersihan lantai menggunakan vakum pembersih. Setelah lantai benar-benar bersih, langkah yang kedua yaitu dengan melakukan grinding yang bertujuan untuk membuka pori-pori lantai.

Tahap Kedua: Pengaplikasian Primer Epoxy

Setelah itu, baru dilakukan pengaplikasian primer epoxy ke seluruh lantai yang akan dicat. Setelah pengaplikasian primer selanjutnya dilakukan pelapisan plamir epoxy dengan menggunakan raskam atau kape scrap.

Tahap Ketiga: Menyortir Plamir dan Mengaplikasikannya

Setelah kering langkah selanjutnya yaitu menyortir plamir untuk memastikan pengaplikasian plamir sudah benar benar merata. Baru selanjutnya mulai mengaplikasikan cat epoxy dasar dan beberapa lapisan cat epoxy yang dibutuhkan atau yang Anda inginkan.

 

Lama pengerjaan

Setelah Anda mengetahui proses atau tahapan-tahapan dalam pembuatan epoxy lantai. Tentunya Anda bisa menyimpulkan sendiri bahwa proses pengecatan epoxy lantai memiliki proses yang terbilang cukup rumit dan lama dalam pengerjaannya. karena memiliki tahapan-tahapan yang harus dilakukan disesuaikan dengan jumlah lapisan cat yang anda inginkan.

Pada umumnya pengerjaan satu lapis cat, menghabiskan waktu 8 jam lamanya menunggu sampai benar-benar kering dan keras. Barulah bisa di lapisi cat selanjutnya dan seterusnya. Jadi semakin banyak lapisan cat maka akan semakin lama pengerjaannya. Selain itu setelah selesai pengerjaan lantai tidak bisa langsung digunakan.

Anda harus menunggu sampai lantai benar-benar kering terlebih dahulu sedangkan pengeringan cat memakan waktu sampai dua hari lamanya. Namun semua itu tentunya akan terbayar dengan hasil yang akan anda dapatkan atau rasakan dibanding dengan penggunaan keramik biasa atau granit. Apalagi epoxy memiliki usia yang cukup lama dan dapat memberikan perlindungan selama bertahun-tahun apabila dirawat secara benar.

Konsultasi Gratis Dengan Spesialis Epoxy Lantai Kami

Hubungi di Telp / Whatsapp

081617678373

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *